MAKALAH PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI GRAFIS
DALAM MEDIA PROMOSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Berkembangnya
teknologi grafis dalam media promosi, membuat permintaan akan cara penjajian
baik melalui media komputer seperti aplikasi design grafis untuk media promosi
sangat di minati. Hal tersebut dapat dilihat dari promosi iklan yang semarak
menggunakan teknologi grafik untuk mempromosikan atau menarik perhatian bagi
siapa saja yang melihat. Dalam pengaplikasian teknologi grafis ini
memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan
penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah pengerjaan yang susah dan memakan
waktu lama. Dengan menggunakan teknologi grafis memungkinkan perancang untuk
melihat hasil dari tata letak atau tipografi seketika tanpa sketsa manual atau
pena. Seorang perancang akan menuangkan visualisasinya untuk mengeksplorasi
ide-ide dalam mempromosikan bentuk dan memilih alat untuk menyelesaikan teknik
tersebit meggunakan komputer.
B. Rumusan Masalah
Pada
makalah ini terdapat rumusah masalah yaitu:
a)
Apa itu teknologi grafis !
b)
Apa itu media promosi !
c)
Fungsi dan
penggunaan teknologi grafis dalam media promosi!
C. Tujuan Masalah
Adapun
tujuan dalam pembuatan makalah ini yaitu:
-
Agar
Mahasiswa ataupun pembaca memahami apa itu teknologi grafis dan juga dalam
media promosi. Serta dapat menjelaskan fungsi-fungsi dan penggunaan teknologi
grafis apa saja dalam mdedia promosi.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PengertianTeknologi Grafis
Teknologi grafis merupakan suatu alat dimana suatu
seni dan teknologi dapat saling berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan
gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis
tersebut mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
Perkembangan teknologi dalam peradaban manusia diiringi dengan
perkembangan cara penyampaian informasi yang selanjutnya dikenal dengan istilah
teknologi grafika dan informasi. Pada prinsipnya teknologi ini berkembang untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia agar dalam kehidupannya dapat
lebih mudah berkomunikasi ataupun melakukan sesuatu. Sejak jaman prasejarah,
cara manusia menyampaikan pesan/informasi melalui berkomunikasi dalam hal
perkembangan teknologi terus berkembang hingga saat ini, yaitu dengan banyaknya
ditemukan teknologi-teknologi yang sebagian besarnya sudah usang dan
sebagiannya lagi masih terus di pakai bahkan terus di teliti dan di kembangkan
agar semakin maju.
Grafika komputer (computer graphics) adalah
salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan
manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini
berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik
komputer ini. Kemudian grafik komputer mengalami perkembangan yang lebih
canggih dari teknologi 2D menjadi grafika komputer 3D. Grafika komputer telah
menunjukkan kemajuan yang pesat dalam pengembangan berbagai aplikasi untuk
menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam bidang sains dan
teknologi memerlukan peralatan yang mahal, namun perkembangan teknologi
komputer memberikan kemudahan dalam penggunaan komputer sebagai alat bantu
aplikasi grafik komputer interaktif. Grafika komputer dapat digunakan di
berbagai bidang kehidupan manusia, mulai dari bidang seni, sains, bisnis,
pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari
grafika komputer:
Antarmuka pengguna (Graphical
User Interface- GUI)
·
Peta (Cartography)
·
Kesehatan
·
Perancangan
objek(Komputer Aided Design-CAD)
·
Sistem
multimedia
·
Presentasi
grafik
·
Presentasi
saintifik
·
Pemrosesan
citra
·
Simulasi
B. Pengertian Media Promosi
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan
produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya
angka penjualan.
1. Tujuan promosi
Tujuan promosi di antaranya adalah:
1.
Menyebarkan informasi produk kepada target pasar
potencial
2.
Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan
profit/laba
3.
Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga
kesetiaan pelanggan
4.
Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi
lesu pasar
5.
Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding
produk pesaing
6.
Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai
dengan yang diinginkan
7.
Mengubah tinggah laku dan pendapat konsumen
2. Cara promosi
Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:
1.
Melalui e-mail
2.
Melalui sms
3.
Melalui pembicaraan
4.
Melalui iklan
5.
Media sosial
6.
Dll
Contoh promosi antara lain:
1.
Pasang iklan di tv mengenai produk baru
perusahaan X
2.
Kirim
5 sms, dapat 10 sms gratis ke semua operator
3.
Beli
kaos kaku seharga Rp. 30.000,00 dapat 2 kaos kaki gratis
4.
Diskon
50% bagi produk tertentu di Department Store
5.
Beli
coklat malam hari dapat segelas the gratis
6.
Pembuatan animasi visual dengan warna-warna yang
menarik
Media Promosi
Media promosi adalah
sarana mengomunikasikan suatu produk atau jasa atau brand atau perusahaan dan lainnya agar
dapat dikenal masyarakat lebih luas.
Media promosi yang paling
tua adalah dari mulut ke mulut, dilanjutkan dengan media promosi konvensional
berupa: brosur, poster, katalog,pamflet, booklet, spanduk, billboard, banner, flyer, reklame, kartu nama,
iklan TV, radio, media cetak (koran/ majalah) dan sebagainya.
Media promosi tersebut
berkembang dengan maraknya promosi ranah digital seperti promosi melalui
jejaring sosial di Facebook dan Twitter. Namun, tidak satu pun media yang
benar-benar dikategorikan mutlak dari segi ketepatan dan efektivitas.
Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Maka, dalam memanfaatkan media promosi secara maksimal, dibutuhkan kemampuan menciptakan kreasi baru dan unik agar pesan-pesan dapat melekat pada konsumen, sehingga tujuan menjangkau lebih banyak konsumen dan memaksimalkan profit perusahaan dapat tercapai.
Tanpa disadari, semakin berkembangnya media promosi, ada cara lain yang lebih unik, berbeda, dan mungkin belum diketahui banyak orang, seperti:Sensory Branding, Ambient Art, dan Flash Mob.
Berikut akan dibahas satu persatu secara garis besarnya. Sensory Brandingyang melibatkan panca-indera manusia seperti mata-penglihatan, hidung-penciuman, telinga-pendengaran, kulit-perasa, dan mulut-pengecap untuk memancing persepsi konsumen terhadap suatu produk/brand tertentu.
Misalnya: Roti Boy, saat kita melewati gerainya, tercium lah aroma yang enak dan khas membuat kita membayangkan bentuk dan rasa dari Roti Boy tersebut tanpa harus melihat gerai itu sendiri. Contoh lain adalah alunan musik penjual es krim dengan lagu khas dari Walls.
Ambient Art adalah penyajian informasi dengan teknik artistik yang juga mengandung pesan tersembunyi, di mana paparan dari waktu ke waktu memungkinkan pengunjung untuk memahami sesuatu tentang sumber-sumber informasi yang mewakili.
Maka, dalam memanfaatkan media promosi secara maksimal, dibutuhkan kemampuan menciptakan kreasi baru dan unik agar pesan-pesan dapat melekat pada konsumen, sehingga tujuan menjangkau lebih banyak konsumen dan memaksimalkan profit perusahaan dapat tercapai.
Tanpa disadari, semakin berkembangnya media promosi, ada cara lain yang lebih unik, berbeda, dan mungkin belum diketahui banyak orang, seperti:Sensory Branding, Ambient Art, dan Flash Mob.
Berikut akan dibahas satu persatu secara garis besarnya. Sensory Brandingyang melibatkan panca-indera manusia seperti mata-penglihatan, hidung-penciuman, telinga-pendengaran, kulit-perasa, dan mulut-pengecap untuk memancing persepsi konsumen terhadap suatu produk/brand tertentu.
Misalnya: Roti Boy, saat kita melewati gerainya, tercium lah aroma yang enak dan khas membuat kita membayangkan bentuk dan rasa dari Roti Boy tersebut tanpa harus melihat gerai itu sendiri. Contoh lain adalah alunan musik penjual es krim dengan lagu khas dari Walls.
Ambient Art adalah penyajian informasi dengan teknik artistik yang juga mengandung pesan tersembunyi, di mana paparan dari waktu ke waktu memungkinkan pengunjung untuk memahami sesuatu tentang sumber-sumber informasi yang mewakili.
Contohnya adalah gambar
kentang McDonalds yang dilukis di jalanan aspal yang dilalui banyak orang,
tetapi ukiran kentang yang berbentuk garis lurus itu dijadikan zebra cross.
Penggunaan seni ambient art ini memancing orang-orang yang melewati zebra cross
itu memikirkan McDonalds.
Flash Mob dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang berkumpul pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan untuk melakukan suatu hal bersamaan secara spontan.
Flash Mob dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang berkumpul pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan untuk melakukan suatu hal bersamaan secara spontan.
Jadi, dalam media promosi diatas memiliki karakter yang
berbeda dengan tujuan yang sama yaitu mempromosikan atau mengiklankan. Dimana
kita harus jeli dan pandai mengamati kebiasaan dari target pasar kita agar
dapat memilih media yang tepat untuk memastikan agar kita tidak membuang-buang
biayaya denga percuma.
C.
Fungsi dan
penggunaan teknologi grafis dalam media promosi!
Fungsi penggunaan Teknologi grafis
dalam media Promosi ialah
1.
Mengatur
tampilan semenarik dan serapih mungkin, agar mudah mengatur tampilan promosi
yang ada
2.
Sebagai wadah
atau tempat untuk mewujudkan seni yang ada
3.
Digunakan
sebagai Komunikasi Visual antar manusia
Mengatur
tampilan semenarik dan serapih mungkin, agar mudah mengatur tampilan promosi
yang ada, bertujuan sebagai penghubung antara Desainer terhadap Promosi yang ia
gunakan. Sang desainer atau promoter menggunakan Teknologi grafis untuk menarik
minat para pembeli serta mengatur kembali Langkah Awal tujuan Promosi yang ia
lakukan
Sebagai wadah
atau tempat untuk mewujudkan seni yang ada. Sang Desainer bisa menempatkan
Media promosi untuk mewujudkan karyanya dalam mendesain, seperti contoh gambar
kentang McDonalds yang dilukis di jalanan aspal yang dilalui banyak orang,
tetapi ukiran kentang yang berbentuk garis lurus itu dijadikan zebra cross.
Digunakan
sebagai Komunikasi Visual antar manusia. Media promosi tidak terbatas dalam Hal
Jual Beli, namun ia bisa digunakan untuk Pameran, dan acara-acara tertentu. Seperti
Pemilu, FlashMob, Gathering, dan lain lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar