KONSEP SOCIAL NETWORK
"YAHOO"
SEJARAH YAHOO
YAHOO! |
Yahoo pertama kali didirikan secara
tidak sengaja oleh dua orang mahasiswa Ph.D
Teknik Elektro di Stanford University, bernama David Filo dan Jerry Yang.
Jerry Yang merupakan seorang pemuda Asia asal Taiwan yang ketika itu kuliah
mengambil program Ph.D. di Electrical Engineering Stanford University di
Amerika. Jerry dengan teman sekampusnya David Filo memulai proyek mereka pada
Februari 1994.
Dua mahasiswa tersebut tidak membutuhkan waktu
lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan
berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat
memberikan hasil secara online.
Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark
yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web”
diganti menjadi Yahoo!, yang merupakan akronim dari “Yet Another Hierarchical
Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersebut karena mereka
menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s
Travels oleh Jonathan Swift : rude-kuat, unsophisticated-sederhana,
dan uncouth-kasar.
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal
18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki
oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo
diresmikan sebagai badan hukum.
Yahoo juga diversifikasi menjadi portal
web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal
web lainnya mengalami perkembangan yang
sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk
memperluas jangkauan layanan merek.
A.Pengertian Yahoo!
Yahoo! Messenger (sering disingkat
“Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara
gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID
yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti
Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung
diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.
Yahoo! Messengerberada di bawah
naungan Yahoo! Inc. ,yangmerupakan sebuh perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh
dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search),
Yahoo! Directory, Yahoo!
Mail, Yahoo!
News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.
- KONSEP DASAR
Social Network (Jejaring
Sosial) adalah sebuah struktur sosial yang tersusun dari simpul-simpul
yang mempresentasikan orang atau kelompok, yang diikat satu atau lebih
tipe hubungan khusus seperti nilai, visi, misi, ide, financial,
pertemanan, keturunan, sexual relationship, dislike, konflik,
perdagangan, dan lain-lain. Simpul-simpul tersebut bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan sesuatu.
Analisis jejaring sosial memandang
hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu
di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor
tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitan
dalam berbagai bidang akademik telah menunjukan bahwa jaringan sosial
beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan
memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah,
menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu
dalam mencapai tujuannya.
Mari kita manfaatkan jejaring sosial untuk kegiatan positif, bisa untuk promosi, maupun pencitraan.. hehe
- TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN
Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
- KELEBIHAN & KEKURANGAN
kelebihan:
1. carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2. salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak negara
kekurangan:
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
1. carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2. salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak negara
kekurangan:
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
- KEAMANAN
Yahoo! Messenger memiliki sejumlah fitur
keamanan. Anda dapat melakukan beberapa tindakan berikut:
- Gunakan avatar.
- Gunakan alias..
- Mengubah status online
- Hindari kontak dengan orang yang tidak menyenangkan.
- Arsipkan pesan instan..
- Bagaimana cara melaporkan masalah yang saya hadapi pada Yahoo! Messenger?
Yahoo! Messenger memiliki formulir dukungan
pelanggan untuk melaporkan penyalahgunaan. Lengkapi formulir ini jika Anda
mendapati bahasa yang tidak senonoh, konten dewasa, ancaman kekerasan fisik,
pelecehan, atau hal apa pun lainnya yang melanggar Ketentuan Layanan Yahoo!.
Pastikan bahwa Anda memberikan informasi yang spesifik tentang lokasi konten
yang bersifat menyerang tersebut serta identitas pengguna yang dimaksud.
Ketika mendapatkan pesan dari seseorang
yang tidak terdapat pada Daftar Messenger, Anda akan melihat dua link di bagian
atas area percakapan: Tambahkan ke Daftar Messenger dan Laporkan
sebagai Spam. Klik Laporkan sebagai Spam. Ini otomatis menambahkan
ID pengirim ke Daftar Blokir. Anda tidak akan menerima IM lagi dari ID
tersebut.
Tim
layanan pengguna Yahoo! mengambil tindakan yang diperlukan, yang mungkin
berakibat dinonaktifkannya akun pelaku penyalahgunaan.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar